Jumat, 28 Agustus 2015

Pantai Clungup

Pantai Clungup terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini memang belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan orang yang tinggal di kota Malang pun belum tentu pernah mendengarnya sebab pantai ini memang belum terjamah. Padahal keindahan pantai ini sangat memukau siapa saja yang memandangnya. Karena masih jarang dikunjungi wisatawan, suasana di Pantai Clungup masih sangat asri, bersih dan indah.


Hamparan pasir putih yang sangat luas dapat Anda temui di sini, apalagi jika air pantai dalam keadaan surut. Tak kurang dari setengah kilometer pasir putih nan menawan siap memanjakan mata wisatawan. Tidak ada sampah yang berserakan, hanya terdapat serpihan kayu-kayu yang terbawa ombak terdampar di beberapa bagian pantai.
Uniknya, Pantai Clungup dilindungi beberapa pulau kecil di lepas pantainya sehingga ombaknya cukup tenang sampai jarak sekitar 500 meter. Meski begitu, terkadang ada ombak yang cukup deras menyapu bibir pantai. Kedalaman di pantai ini juga cukup dangkal, sehingga Anda bisa berenang bebas di sepanjang tepian pantai. Tetapi pengunjung harus tetap berhati-hati sebab di dasar pantai banyak batu dan karang yang cukup tajam. Pada saat sore hari wisatawan dapat menjumpai ubur-ubur kecil yang terdampar di tepi pantai.
Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati panorama indah lainnya di Pantai Clungup. Yakni lanskap berupa tiga buah pulau kecil dan karang-karang yang mengagumkan. Pengunjung bisa memanjat pulau karang tersebut, tetapi perlu berhati-hati karena karangnya cukup tajam. Sejauh mata memandang akan terlihat keasrian pemandangan Pantai Clungup yang sangat berbeda dari pantai-pantai lain. Di sekitar pantai ini juga masih banyak terdapat hutan bakau yang lebat. Menariknya, bila Anda berjalan ke sisi kanan dari pantai ini maka akan sampai di Pantai Gua China.

Selain keindahan pantainya, suasana Pantai Clungup yang sepi membuat hati pengunjung tenang. Bagi Anda pecinta camping, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi sebab suasananya masih asri dan lengang. Biasanya hanya ada warga sekitar yang sedang memancing atau panen di kebunnya. Selebihnya hanya ada Anda dan alam.
Akses menuju Pantai Clungup cukup mudah. Dari kota Malang, pengunjung bisa mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Sendang Biru hingga menemukan perempatan jalan. Setelah itu berbelok ke kanan menuju arah Pantai Gua China. Setelah memasuki Gua China, wisatawan harus berjalan ke arah timur sejauh sekitar 500 meter. Jadi, sebaiknya kendaraan bermotor Anda diparkir dulu di Pantai Gua China. Anda juga bisa sekaligus menikmati keeksotikan Pantai Gua China yang misterius ini. Dari Gua China menuju pantai harus ditempuh dengan berjalan kaki di sebuah jalan setapak dengan melewati perkebunan penduduk dan lereng perbukitan. Setelah melewati bukit tersebut maka sampailah di Pantai Clungup. Belum ada tarif tiket resmi untuk masuk ke pantai ini.




Sumber : Surabaya.panduanwisata.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar